*suasana saung nyerat yang hangat”

Kali ini Saung Nyerat Blogor di Sipatahunan, sabtu 4 Desember 2010, Blogor berkesempatan ngobrol dengan Paguyuban ASEP. Seperti namanya, bisa kita tebak pasti kumpulan orang-orang yang namanya ASEP.

Sangat unik bukan? Bisa dibayangkan kalau mereka lagi berkumpul dan kita manggil nama Asep, pasti mereka akan menoleh bebarengan :D. Makanya mereka sepakat kalau lagi kumpul pada manggil nama asep lanjut nama lanjutannya. Tapi, inget mereka bukan hanya ASEP biasa…berikut liputannya.

Dari Blogor ada kang MT dan echa yang menjadi host kali ini, dan dari paguyuban ASEP, ada kang Asep saiba,K ang Asep Igun dan Kang Asep Setiawan.
Paguyuban ini semua anggotanya memang bernama ASEP seIndonesia. Diawali dari keinginantahuan Kang Asep Igun cari berapa orang bernama Asep di facebook awal 2009 dengan grup “How Many Asep” dan akhirnya Mei 2009 menjadi Paguyuban ASEP… Gak tanggung-tanggung sekarang anggotanya sudah ribuan. Slogannya aja gak kalah keren “”Ti Asep, Ku Asep, Keur Indonesia” (Dari Asep, Oleh Asep, Untuk Indonesia)

Sekilas, nama ASEP terkesan ‘kampung’. Tapi, jangan salah banyak banget ASEP-ASEP yang berhasil dan tetep bangga menjadi seorang Asep. Dan paguyuban ASEP inilah salah satu cara memupuk rasa percaya diri menjadi seorang ASep selain menambah saudara. Dan kopdar pertama paguyuban Asep (sekalian Wisata Kota tua Jakarta) diadakan pada Agustus 2010.

kang MT, kang asep setiawan, kang asep igun, kang asep saiba

Obrolan di forum grup Facebook itu juga yang ringan-ringan saja, tanpa ada SARA, isu politik hanya obrolan santai disertai canda tawa sebagai ‘saudara’.
Secara etimologi kenapa orang Sunda banyak bernama Asep dihubungkan ke arti kata harum-sengiy, dan panggilan sayang orang tua keanaknya. Dan tidak semua orang sunda loh yang bernama Asep, yang diluar Jawa Barat juga ada, malah sampai keluar negeri. Selain itu, gak cuma kaum pria saja yang bergabung, banyak wanita juga ikut bergabung.

Kedepannya akan diadain, ASEP AWARD. Penghargaan ini untuk orang-orang yang dianggap berjasa dibidangnya oleh paguyuban ASEP.Menarik bukan?Kita tunggu event Asep Award ini semoga penerima awardnya makin cinta dengan budaya ‘khas’ Indonesia.

paguyuban asep di Intisari

Dalam dunia literasi baca tulis,paguyuban ASep sedang menyiapkan blog yang diharapkan bisa dilihat oleh seluruh ASep-Asep (bahkan no Asep) didunia.Paguyuban Asep ini juga diliput oleh Intisari no 569 november 2010. Hayoo yang namanya Asep, mari begabung di Paguyuban Asep buat nambah saudara… any one?

Categories: Berita PAD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *