Bandung, GATRANews – Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil berharap para peserta yang mengikuti Konperensi Asep Asep 2015, di Bandung, bisa memberi kontribusi untuk kemajuan masyarakat Sunda di seluruh Indonesia. “Mudah-mudahan bisa memberikan kontribusi yang positif, terutama bagi tempat kelahirannya,” kata Ridwan Kamil ketika dimintai tanggapannya tentang Konperensi yang pesertanya cuma orang bernama Asep tersebut.

Nama Asep, menurut dia, menjadi identitas bagi Etnis Sunda yang memiliki arti kasep (tampan/ganteng). “Maka jadilah Asep Asep yang baik, terutama baik secara tutur kata dan perilakunya,” kata Pria yang akrab disapa Emil seperti dilaporkan Antara.

 Emil menyampaikan selamat atas terselenggaranya kegiatan unik yang mengumpulkan orang bernama Asep dari berbagai daerah di Indonesia.
Sementara itu, Presiden Paguyuban Asep Dunia, Asep Kambali mengatakan perkumpulan tersebut didirikan bukan untuk mengeksklusifkan diri, orang-orang yang bernama Asep.
“Kami, para pendiri PAD menyadari, bahwa saat ini nama Asep sudah jarang diberikan oleh orang tua sebagai nama kepada anaknya. Untuk itu nama Asep perlu dilestarikan, karena tidak saja identik dengan nama orang Indonesia tetapi juga menunjukan identitas suku Sunda,” kata Asep Kambali.
Nama Asep dalam istilah bahasa Sunda, berasal dari kata Kasep, yang berarti ganteng. Nama Asep sering kali mempunyai turunannya seperti Acep, Atep, dan Cecep.
Sumber :  Gantra
Categories: Berita PAD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *