500 Asep Pecahkan Rekor MURI

Dialogpublik.com,- Pada peringatan Hari Pangan Sedunia ke-XXXVIII tahun 2018 tingkat Jawa Barat yang dilangsungkan di Bale Rame, Soreang di hari ke -2, Kamis (8/11/2018) 500 orang yang bernama Asep berhasil memecahkan rekor MURI, nama Asep terbanyak memakan olahan dari bahan dasar ganyong.

Awan, dari pihak MURI menilai, nama Asep terbanyak bukan hanya rekor di Indonesia, tapi di dunia, yang secara kompak memakan olahan lokal berbahan ganyong.

Semenara itu, Asisten Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Kab. Bandung, H. Marlan, M.Si mengatakan, dipilihnya ganyong dalam pemecahan rekor MURI Asep sebagai kampanye untuk mengingatkan masyarakat bahwa ganyong itu baik untuk pengganti beras.

Kata Marlan, warga Kabupaten Bandung penderita diabet cukup tinggi, sehingga perlu ada alternatif bahan makanan karbohidrat pengganti beras.

“Kendalanya memang susah, karena kebiasaan orang Indonesia itu, meskipun sudah ngemil atau makan yang padat-padat, tapi kalau belum makan nasi belum disebut sudah makan. Nah, dengan ganyong kita coba angakat bahwa ganyong itu sebagai bahan pengganti beras yang bagus,” tutur Marlan.

Sementara Kadis Pertanian, Ir. H. A. Tisna Umaran, M.Si menyebut, ganyok merupakan pangan yang sederhana, bahkan di beberapa daerah tanaman ini tumbuh liar, namun jika dibudidayakan bisa bisa memenuhi kebutuhan bahan alternatif pengganti nasi yang baik.(Sopandi)

 

Sumber : http://www.dialogpublik.com/2018/11/500-asep-pecahkan-rekor-muri.html?m=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *