SMK Nagrak Cetak Siswa Unggul Pertanian, Multimedia dan Hafiz Al Quran

Asep Ruslan (Ketua Yayasan YARLA) bersama para Guru di SMK Nagrak (Foto : Arus)

(Gratis Bagi Siswa Dari Keluarga Yang Tidak Mampu)

PURWAKARTA,SMK Nagrak adalah sebuah sekolah menengah kejuruan swasta yang menitik beratkan pada pembangunan sumber daya manusia tangguh dalam iman dan taqwa, yang unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi dan yang kompetitif dengan tetap mengedepankan nilai-nilai religi yang dilandasi oleh nilai moral Islami.

Bagi siswa di luar daerah, SMK Nagrak tersedia asrama dan Pondok Pesantren dalam satu komplek. Sehingga siswa yang bersekolah di sini sekaligus mondok di Pondok Pesantren Nagrak atau Pesantren Rahmatan Lil Alamin (PARLA).

 

SMK Nagrak, memiliki misi melaksanakan pendidikan yang menanamkan nilai-nilai keislaman yang dalam prakteknya mengadopsi sebagian sistem pesantren di setiap pembelajaran. Karena bukan hanya ilmu pengetahuan umum dan teknologi saja yang akan diraih, tetapi juga ilmu agama yang mengutamakan akhlakul karimah. Sesuai harapan dan komitmen sekolah ini yaitu menelurkan alumni yang berkualitas dalam memahami dan mengamalkan ilmu yang di dapatkan sekaligus mampu bersaing dalam dunia kerja.

SMK Nagrak beralamat di Jalan Raya Bandung Purwakarta RT. 01 RW. 04 Desa Nagrak, Kecamatan Darangda, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Berdiri di atas lahan kurang lebih 3 hektare. Yang diresmikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purwakarta H. Rasmita NS pada Kamis 14 Juli 2016.

Berdasarkan Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, SMK Nagrak pemilik NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) 69946486. Berada di bawah naungan Yayasan Rahmat Lil Alamin (YARLA), berdasar SK Pendirian Sekolah AHU-02632.50.10.2014, tanggal 16 Juni 2014. Surat Ijin Operasional dari Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta Nomor : 420/1024/Dikmen/2016, tanggal 30 Maret 2016.

Ada dua bidang kompetensi keahlian dalam pengembangannya, yaitu jurusan Agrobisnis dan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan pengembangan kedepan adalah jurusan Peternakan, Analis dan Tata Busana.

Sejarah dari SMK Nagrak bermula dari keprihatinan Pendiri sekaligus Pembina Pesantren Nagrak Ustad Asep Rahmat, M.Ag dan Ir. H. Asep Ruslan selaku Ketua Yayasan Rahmat Lil Alamin (YARLA), tentang mahalnya masyarakat untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

“Pendidikan berkualitas itu mahal. Kalimat ini sering muncul untuk menjustifikasi mahalnya biaya yang harus dikeluarkan masyarakat untuk mengenyam bangku pendidikan. Ini membuat masyarakat miskin tidak memiliki pilihan lain kecuali tidak bersekolah. Orang miskin tidak boleh sekolah. Untuk masuk TK dan SD saja saat ini dibutuhkan biaya Rp 500 ribu – Rp 1 juta. Bahkan ada sekolah yang memungut di atas Rp 1 juta. Masuk SLTP/SLTA/SMK bisa mencapai Rp 1 juta sampai Rp 5 juta,” kata Asep Ruslan ketua Yayasan YARLA di SMK Nagrak, Sabtu (09/03/2019).

“Mahalnya biaya pendidikan sekarang ini dan banyak masyarakat yang berada dibawah garis kemiskinan sehingga tidak begitu peduli atau memperhatikan pentingnya pendidikan bagi sang buah hatinya, sehingga membuat anak putus sekolah, anak tersebut hanya mendapat pendidikan sampai pada jenjang Sekolah Dasar (SD) atau Sekolah Menengah Pertama (SMP). Padahal pemerintah ingin menuntaskan wajib belajar sembilan tahun. Jika masalah ini tidak mendapat perhatian, maka program tersebut tidak akan terealisasi. Banyak anak yang putus sekolah karena orang tua tidak mampu untuk menyekolahkan anaknya”.

“Bagi orang tua dan wali murid yang mau menyekolahkan anaknya ke SMK Nagrak, jangan sungkan-sungkan dengan masalah biaya. Walaupun belum ada uang daftarkan saja, ambil formulir, bayarnya bisa dicicil,” ujar Asep Ruslan.

“Bahkan untuk siswa dari keluarga yang tidak mampu, sekolah disini menyediakan Beasiswa Full atau Gratis,” penegasan ketua Yayasan.

“Yang membedakan lulusan SMK Nagrak dengan SMK lainnya, Insya Allah mereka nanti akan menjadi lulusan-lulusan SMK yang unggul di bidang Pertanian dan Multi Media (Komputer) berikut sebagai Hafiz Al Quran, karena SMK Nagrak adalah SMK berbasis Pesantren yang memfokuskan pada pengembangan Tahfidz Al Quran,” pungkas Asep Ruslan.

Bapak/Ibu bila menemukan keluarga tidak mampu menyekolahkan anaknya, silahkan referensikan kepada kami tersedia Asrama dan Pesantren Full Beasiswa (GRATIS).

SMK Nagrak, Sekolah Kejuruan Swasta Berbasis Pesantren Tahfidz Al Quran (Boarding School).

Mulai menerima murid baru tahun ajaran 2019/2020.

Asep Ruslan – Ketua PAD DPW Priangan Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *