Wartawan : Asep Ruslan

SINARPAGINEWS.COM, KOTA BANDUNG – Rumah Sakit, Puskesmas dan beberapa fasilitas kesehatan lainnya melaporkan bahwa terjadinya kelangkaan Alat Pelindung Diri (APD) di tengah pandemi virus corona Covid-19. Kelangkaan APD ini tentu akan membahayakan keselamatan para tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam penanganan pasien Covid-19.

Peristiwa tragis meninggalnya sejumlah dokter dan perawat yang bertugas melayani para pasien Covid-19 salah satunya disebabkan oleh kelangkaan APD bagi tenaga kesehatan di berbagai rumah sakit. Beberapa tenaga medis dilaporkan terpaksa menggunakan barang pengganti APD seperti jas hujan.

Melihat fenomena ini, Paguyuban Asep Dunia (PAD) ikut ambil bagian membantu tim medis dalam penanganan Virus Corona (Covid-19) di Provinsi Jawa Barat dengan memberikan bantuan APD donasi dari anggota, teman-teman dan sahabat Baraya Paguyuban Asep Dunia kepada Tim medis untuk beberapa RS dan Puskesmas di Jawa Barat.

Hadir dalam kegiatan penyaluran bantuan APD, pengurus PAD DPW Priangan Barat yaitu Pembina PAD DPD Kabupaten Bandung Asep Sumpena (Asep Crossby) dan Ketua PAD DPD Kota Bandung Asep Suryana (Asep Ozzy) atas inisiasi Ketua PAD DPW Priangan Barat Asep Ruslan di Bandung, Kamis (9/4/2020).

Penyerahan bantuan APD di Puskesmas Pratista Antapani Bandung (Dok. PAD)

Kegiatan penyaluran bantuan APD dilakukan di sejumlah RS dan Puskesmas yaitu :

  1. RS Hasan Sadikin Bandung
  2. RS Sartika Asih Bandung
  3. Laboratorium Kesehatan Provinsi Jawa Barat
  4. RSUD Subang
  5. RSUD Cililin
  6. Puskesmas Pratista Antapani Bandung
  7. Puskesmas Coblong Bandung

Menurut Asep Crossby, bantuan APD ini diharapkan bisa bermanfaat untuk para medis dan dapat digunakan melindungi dirinya dalam menangani pasien Covid-19.

“Buat rekan paramedis yang bertugas di gugus depan penanggulangan dan penanganan Virus Corona Covid-19 tetap semangat demi kemanusiaan dan NKRI. Kalian pasti bisa. Salam sejawat,” ungkap Asep Crossby yang juga pimpinan Klinik Pramitra di kabupaten Bandung.

“Kedepan kami akan terus berupaya memberikan bantuan secara bertahap,” tambahnya.

Sahabat, yuk ikut menjadi bagian dari “ASEP LAWAN CORONA” dengan Donasi ke Rekening BCA No. 3760182256 an. Asep Dedih Wahyudin (Bendahara PAD DPW Priangan Barat). Konfirmasi Donasi kirim ke WA. 0813-2205-5882 an. Asep Dedih Wahyudin.

Penyerahan bantuan APD di Laboratorium Kesehatan Provinsi Jabar (Dok. PAD)

Ditempat terpisah Ketua PAD DPW Priangan Barat, Asep Ruslan mengatakan, bantuan APD ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Paguyuban Asep Dunia untuk melindungi tenaga medis yang menangani pasien baik yang suspect maupun positif Covid-19.

“Semoga para pahlawan kesehatan yang berada di garda terdepan ini dapat terlindungi dan lebih leluasa dalam menangani pasien dengan adanya APD ini. Semoga Allah SWT selalu melindungi dokter dan perawat yang sangat berjasa bagi masyarakat Indonesia,” kata Asep Ruslan.

Asep Ruslan, Asep Suryana (Uwa KONI) Sekretaris DPW Priangan Barat dan Asep Tengku Ketua DPD Sumedang, Jabar Bersatu Bergerak Bersama Melawan Corona (Dok. PAD)

Menurut Asep Ruslan yang juga dosen di STIKes Dharma Husada Bandung (STIKes DHB), kelangkaan APD tak bisa digantikan dengan barang lain karena alat untuk melindungi diri ini harus sesuai dengan standar yang berlaku. Alat pelindung diri juga harus memenuhi kualifikasi yang membuat dokter dan perawat aman dan tidak tertular virus dari pasien.

“Hatur nuhun atas kerja sama dan atensi anggota PAD, teman-teman dan sahabat Baraya Asep. Virus Corona Covid-19 adalah musuh kita bersama, mencegah dan memutus rantai penularannya merupakan tanggungjawab kita semua. Semangat Untuk Jabar Bersatu Bergerak Bersama Melawan Corona, kami gaungkan kepada seluruh masyarakat. Kita peduli dan mari kita lawan bersama. Mari kita berdoa agar kondisi pandemi Covid-19 ini segera berlalu dan Indonesia kembali kondusif,” pungkas Ketua PAD DPW Priangan Barat.

Sumber : SINARPAGINEWS.COM (ASEP Ruslan)

Categories: Berita PAD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *