Bantu Korban Bencana, ARJUNA PAD Terbang Ke Lombok

LOGIKANEWS.COM – Ratusan ribu warga terdampak bencana gempa bumi Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) masih sangat membutuhkan bantuan. Hal ini disampaikan oleh Ketua Paguyuban Asep Dunia DPW Priangan Barat, Asep Ruslan yang telah memberangkatkan 2 orang relawan yang tergabung dalam Tim ARJUNA (Asep Rescue Terjun Bencana) yaitu Asep Jaelani dan Bidan Tiara Santi, melalui bandar udara Husein Sastranegara Bandung, Rabu (29/08/2018), untuk bergabung dengan relawan lainnya di Posko Tim ARJUNA di Kantor Bapelkes Mataram Jl. Gora No. 2, Kec. Selagalas Lombok Barat, Provinsi NTB.

“Saya mendapat laporan dari Tim ARJUNA yang sudah berada di Lombok dan tergabung dalam tim satuan siaga penanggulangan bencana Kantor Bapelkes Mataram, bahwa disana masih sangat membutuhkan bantuan terutama peralatan tenda, tandon air, peralatan kebersihan pribadi maupun keluarga,” kata kang Asep Ruslan di Gedung Sate, Bandung, Sabtu (01/09/2018).

Asep Zaenal Mustofa selaku Plt. Presiden Paguyuban Asep Dunia yang pada hari Jumat (31/08/2018) sudah berangkat ke Lombok melalui bandar udara internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, untuk bergabung dengan Tim ARJUNA dan relawan lainnya di Posko ARJUNA dan Posko Asosiasi Bapelkes Indonesia (ABI) di kantor Bapelkes Mataram, Provinsi NTB.

Kepada Logikanews.com (Group Majalah Logika & Majalah Intan), Asep Zaenal Mustofa menyampaikan informasinya terkait bantuan dan pekerjaan apa saja yang dikerjakan oleh Tim ARJUNA selama berada di Lombok.

 

Kegiatan Bantuan Oleh Tim Arjuna:
1. Dukungan psikososial berupa penyuluhan kesehatan bersama anak-anak dan orang dewasa untuk warga di pengungsian bersama Tim yang lain.
2. ‎Aksi di Puskesmas Gunungsari bersama Tim dari FK UIN Jakarta, karena banyak pasien anak anak dan ibu hamil.
3. ‎Meninjau lokasi di daerah KLU yang membutuhkan toren/tandon air bersama Tim Happened Mataram.
4. ‎Pemberian bantuan Tandon Air berukuran 1.100 Liter untuk warga Desa Sumur Mual kec Pemenang Kab Lombok Utara.
5. ‎Penyerahan bantuan Al Quran dan Buku Iqro ke Ponpes di Panimbung bersama kepala Bapelkes Mataram.
6. ‎Bangun wc darurat percontohan. dengan melibatkan langsung warga.
7. ‎Pelayanan Kesehatan.
8. Distribusi bantuan.

Kebutuhan Lapangan Saat Ini:
1. Terpal
2. Sekolah Darurat
3. MCK
4. Shelter Keluarga
5. Air Bersih
6. Hunian semi permanent

“Berdasarkan temuan di lapangan, pengungsi mulai mengalami beberapa keluhan penyakit, seperti Batuk, Pilek, Hipertensi, Alergi, Pusing, dan Diare. Selain itu, para korban juga kekurangan kebutuhan air bersih di daerah Sumur Mual Lombok Utara,” ujar kang Asep Zaenal Mustofa yang juga Kepala Bapelkes Batam, Lombok, Sabtu (01/09/2018).

“Mengingat saudara-saudara kita di Lombok masih banyak membutuhkan bantuan, maka penggalangan dana Pray For Lombok tetap dilakukan dan kepada Bapak/Ibu dan para akang Asep bisa menyisihkan Zakat/Infaq/Shodaqoh dengan Transfer melalui Bendahara DPP PAD an. Asep Dedih ke Bank Central Asia (BCA) Rek.No: 3760182256. Apabila sudah transfer, mohon konfirmasi via WA ke 1. Asep Ruslan – 081346409664, 2. ‎Asep Zaenal Mustofa – 081382607070, 3. ‎Asep Rochman – 085779544025, 4. ‎Asep Dedih – 081322055882,” katanya.

“Sekecil apapun bantuan yang Bapak/Ibu berikan sangat bermanfaat bagisaudara-saudara kita di Lombok, NTB dan sekitarnya”, tambah Asep Zaenal. (Ruslan)

 

Sumber : http://www.logikanews.com/bantu-korban-bencana-relawan-arjuna-pad-terbang-ke-lombok/