September 27, 2022

Ti Asep ku Asep keur Indonesia

KPK-RI Lakukan Bimtek di Bandung Guna Satukan Langkah Terhadap Upaya Pemberantasan Korupsi Dengan Berbagai Elemen

2 min read

 

BERITAAKTUAL87.id,-

Bandung – Berbicara mengenai kejahatan korupsi adalah kejahatan luar biasa (Extra ordinary crime),
yang berdampak terhadap berbagai sendi kehidupan, Hal itu telah terbukti menyengsarakan rakyat dan menghambat kemajuan bangsa. Oleh karenanya upaya pemberantasannya pun harus dilakukan secara luar biasa.

Demikian halnya dengan yang namanya pemberantasan tindak pidana korupsi di Indonesia, tidak mungkin selesai hanya dengan mengedepankan upaya penegakan hukum saja, melainkan juga harus dibarengi dengan upaya pendidikan antikorupsi kepada masyarakat dan upaya pencegahan. Selain itu juga diperlukan adanya peran serta dari seluruh elemen masyarakat dalam upaya pemberantasan korupsi tersebut.

Oleh sebab itu kegiatan bimbingan teknis peningkatan kapabilitas dan pemberdayaan masyarakat anti korupsi dilaksanakan Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK-Rl, mengundang beberapa perwakilan dari mulai, para pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, perempuan, LSM/ Organisasi masyarakat, ASN dan masyarakat
lainnya dengan berbagai latar belakang profesi, yang ada di
Provinsi Jawa Barat, seperti salah satunya dari Paguyuban Asep Dunia (PAD).

Kegiatan Bimtek tersebut dihadiri Kajati Jabar Asep N Mulyana, Presiden Asep Sedunia Asep Ruslan, Ketua Kadin Jabar Cucu Sutara, Mantan Ketua Harian Satgas Covid-19 Jabar Daud Achmad, Kepala Bakesbangpol Jabar Iip Hidayat dan Forkopimda Jabar lainnya yang bertempat di Ballroom Royale Hotel Bandung, Jl. Merdeka nomor 2 pada Kamis beberapa waktu lalu dengan tema “Partisipasi Masyarakat Pikeun Ngawangun Provinsi Jawa Barat Bebas Tina Korupsi” yang dibuka langsung Wagub Jabar Uu Ruzanul Ulum.

Bimtek tersebut dimaksudkan selain bertujuan untuk memberikan pemahaman, pengetahuan tentang kejahatan korupsi dampak dan permasalahannya, juga agar masyarakat berperan aktif memberantas korupsi secara berkualitas, baik sebagai penyuluh anti korupsi serta berani melawan dan melaporkan jika dilingkungan sekitarnya terjadi dugaan tindak pidana korupsi.

Selain itu kegiatan bimbingan teknis peningkatan kapabilitas dan pemberdayaan masyarakat anti korupsi ini, adalah untuk menggugah dan memberikan kemampuan serta keterampilan kepada masyarakat khususnya di Provinsi Jawa Barat untuk secara bersama-sama dengan KPK guna menyatukan langkah dalam upaya pemberantasan korupsi dengan cara, dimulai dari dirinya sendiri untuk tidak korupsi dan turut berperan serta mewujudkan lingkungannya yang
bebas korupsi.

Oleh sebab itu, KPK-RI sebagai sebuah Lembaga Negara yang diberikan kewenangan untuk memberantas korupsi di Indonesia, menyadari bahwa tidak mungkin dapat melakukan pemberantasan korupsi sendiri sehingga memerlukan partisipasi serta kerjasama dari seluruh komponen bangsa.

KPK-RI dengan Bimtek tersebut, Masyarakat memiliki pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan
dalam memberikan informasi dan membuat laporan pengaduan tentang tindak pidana korupsi yang berkualitas.

Masyarakat berani melawan dan melaporkan kepada KPK-RI, jika
melihat dan mengetahui di sekitarnya terjadi tindak pidana korupsi. (rfd).

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. Paguyuban Asep Dunia 2021 Design www.aseptea.com | Newsphere by AF themes.