May 1, 2024

PAGUYUBAN ASEP DUNIA

Ti Asep ku Asep keur Indonesia

Napak tilas Sejarah Konperensi Asep Asep dan Paguyuban Asep Dunia Tanggal 25 Oktober 2015

3 min read



TRIBUNJABAR.ID – Pertemuan yang tidak terduga antara Brigjen TNI Asep Kuswani M.Si Han dan Asep Kambali pada pertemuan acara halal bihalal Bandung Karate Club (BKC) di Gedung Veteran, Jakarta Timur.

Pada saat itu Asep Kambali memperkenalkan kepada Brigjen Asep Kuswani bahwa beliau baru saja diberikan mandat sebagai ketua Paguyuban Asep di mana anggotanya selama 5 tahun dari 2010 sampai 2015 tidak lebih dari 15 orang.

Asep Kambali kemudian mengajak saya untuk bergabung bertepatan belum ada pembinanya.

Saya prihatin melihat seperti itu anggotanya yang masih sedikit kemudian saya merasa terpanggil untuk lebih mengembangkan lagi dan untuk mengangkat derajat nama Asep, agar Asep itu tidak selalu disepelekan dan tidak sirna ditelan masa akibat pengaruh global budaya asing.

Pada awal September 2015 diadakan pertemuan khusus antara Asep Kambali Cs dan Brigjen TNI Asep Kuswani juga anggota Komunitas Historia Indonesia yang bertepatan Asep Kambali sebagai ketuanya.

Pertemuan diadakan di salah satu tempat ngopi di Sarinah Tamrin, Jakarta Pusat. Di sinilah pertama kali direncanakan akan diadakan perkenalan Ketua Dewan Pembina Paguyuban Asep akan tetapi waktunya masih dicari waktu yang pas, kemudian dibentuk kepanitian

Setelah beberapa pertemuan maka dapat dikordinasikan waktunya tanggal 25 Oktober 2015 . Tanggal inilah yang membawa berkah bagi Asep Asep yang tadinya rencana kumpul tidak lebih 15 orang itu dan akan direncanakan di RM Ampera Bandung.

Melihat yang daftar banyak peminatnya maka Asep Kambali memiliki ide yang sangat brilian sangat cemerlang dan dirancanglah untuk melaksanakan Konfrensi Asep Asep di tanggal tersebut.

Rupanya paguyuban ini membawa berkah juga bagi saya pribadi pada tanggal 1 0ktober 2015 naik pangkat menjadi Mayor Jenderal.



Singkat cerita Mayjen Asep Kuswani selalu berkordinasi dengan Asep Kambali sehingga pada H -2 dari hari yang ditentukan, pada tanggal 23 Oktober 2015 berangkat ke Bandung untuk mengecek kesiapan panitia yang ditunjuk.

Tiba di Bandung langsung ke Coffe & Hotel De Tuick di Bojong Koneng Bandung rupanya ketua panitianya sudah pulang, setelah ditelpon maka ketua panitia mengajak bertemu di salah satu rumah makan di Cikutra, kemudian ketemu di sana dan saya tanya segala sesuatunya.

Saya baru kenal dengan panitianya di antaranya Astuy sebagai ketua panitia, anggotanya Asep Zaenal, Asep Wawan kecil dan Asep Zengkis mereka inilah yang ditunjuk oleh Asep Kambali selaku ketua umum Paguyuban yang baru.

Tapi sangat disayangkan ketua panitia di Bandung ini selesai KAA memutuskan silaturahmi dengan PAD.

Pada hari H tanggal 25 0ktober 2015 dilaksanakan Konperensi Asep Asep se-Dunia dan nama paguyuban Asep pun berubah dari Paguyuban Asep menjadi Paguyuban Asep Dunia yang dihadiri kurang lebih 450 orang yang bernama Asep dan disitulah pertama kali saya Mayjen TNI Asep Kuswani MSi Han selaku Ketua Dewan Pembina Paguyuban Asep Dunia diperkenalkan.

Saya juga mengajak Marsma Asep Khaerudin, Asep Iwan Gunawan sang pendiri, Asep Taruna Kang Dalang sebagai Pembina.



Alhamdulillah Konperensi Asep Asep pada tanggal 25 Oktober 2015 yang pertama kali dilaksanakan dapat berjalan dengan aman dan lancar dengan memilik visi misi yang sama dalam silaturahmi untuk mempertahankan nama-nama Asep agar tidak hilang ditelan masa , supaya kearipan lokal tidak sirna tergerus oleh perkembangan global.

Demikian sepintas sejarah terbentuknya Paguyuban Asep Dunia dan Konperensi Asep Asep yang pertama kali digelar atas prakarsa ide-nya Asep Kambali selaku Ketua umum atau Presiden Paguyuban Asep Dunia dan Mayjen TNI Asep Kuswani M.Si Han selaku Ketua Dewan Pembina Paguyuban Asep Dunia.

Oleh : Mayjen TNI Purn Asep Kuswani M.Si Han.

Oleh : Mayjen TNI Purn Asep Kuswani M.Si Han.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Napak tilas Sejarah Konperensi Asep Asep dan Paguyuban Asep Dunia Tanggal 25 Oktober 2015, https://jabar.tribunnews.com/2019/10/25/napak-tilas-sejarah-konperensi-asep-asep-dan-paguyuban-asep-dunia-tanggal-25-oktober-2015?page=2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *